Ilmu manajemen adalah bidang studi yang mempelajari bagaimana mengelola sumber daya organisasi dengan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Ilmu ini mencakup berbagai konsep, teori, dan praktik dalam memimpin, merencanakan, mengorganisasi, mengkoordinasikan, dan mengendalikan kegiatan organisasi. Tujuan dari ilmu manajemen adalah untuk meningkatkan kinerja organisasi dan mencapai tujuan yang ditetapkan dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya manusia, keuangan, dan materi yang tersedia. Ilmu manajemen melibatkan pemahaman tentang fungsi-fungsi manajemen seperti manajemen strategi, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan. Ilmu manajemen juga mencakup studi tentang organisasi, pengambilan keputusan, motivasi, kepemimpinan, dan pengembangan strategi bisnis. Ilmu manajemen digunakan dalam berbagai macam organisasi, termasuk perusahaan swasta, organisasi nirlaba, pemerintah, dan sektor publik.

Baca juga: Konsep Teori dan Judul Penelitian pada Jurusan Administrasi Publik

Jurusan manajemen memiliki beberapa konsep teori yang penting untuk dipelajari dan dipahami oleh para mahasiswa dan profesional di bidang manajemen. Berikut adalah beberapa konsep teori penting dalam jurusan manajemen:

  1. Teori Manajemen Klasik: Teori ini dikembangkan oleh para tokoh seperti Henri Fayol, Frederick Taylor, dan Max Weber. Teori ini menekankan pada pentingnya struktur organisasi, pembagian kerja, dan manajemen sebagai sebuah ilmu.
  2. Teori Perilaku Organisasi: Teori ini mempelajari perilaku manusia di dalam organisasi dan cara mengoptimalkan produktivitas karyawan. Teori ini mencakup aspek-aspek seperti motivasi, kepemimpinan, dan dinamika kelompok.
  3. Teori Sistem: Teori ini menekankan bahwa organisasi adalah sebuah sistem yang kompleks dan saling terkait. Teori ini memandang organisasi sebagai kumpulan subsistem yang saling berinteraksi, dan bahwa perubahan pada satu subsistem dapat memengaruhi seluruh sistem.
  4. Teori Kontingensi: Teori ini berpendapat bahwa tidak ada satu cara manajemen yang benar untuk semua situasi, karena setiap situasi unik dan membutuhkan pendekatan manajemen yang berbeda-beda.
  5. Teori Inovasi dan Kreativitas: Teori ini membahas cara untuk mempromosikan inovasi dan kreativitas dalam organisasi, termasuk cara untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas dan cara untuk memotivasi karyawan untuk berinovasi.
  6. Teori Strategi: Teori ini mempelajari bagaimana organisasi dapat mencapai tujuannya melalui strategi yang tepat, termasuk analisis lingkungan eksternal dan internal, pengembangan strategi, dan pelaksanaan strategi.
  7. Teori Pengambilan Keputusan: Teori ini mempelajari cara mengambil keputusan yang efektif di dalam organisasi, termasuk cara mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis data.

Itulah beberapa konsep teori yang penting dalam jurusan manajemen. Setiap konsep teori tersebut memiliki perannya masing-masing dalam membantu para profesional dan mahasiswa manajemen dalam mengelola organisasi dengan efektif dan efisien.

Berikut adalah contoh judul penelitian kuantitatif yang berkaitan dengan konsep teori manajemen yang telah disebutkan sebelumnya:

“Analisis Dampak Implementasi Teori Kontingensi pada Efektivitas Manajemen Perusahaan”

“Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional dengan Produktivitas Karyawan: Studi Kasus pada Industri Manufaktur”

“Analisis Pengaruh Faktor Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Sektor Jasa”

“Studi Kasus Pengaruh Implementasi Teori Sistem pada Kinerja Organisasi di Sektor Publik”

“Pengaruh Kreativitas dan Inovasi pada Pertumbuhan Bisnis: Analisis pada Industri Kreatif”

“Studi Pengaruh Manajemen Strategis terhadap Pertumbuhan Bisnis Startup di Indonesia”

“Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan pada Manajemen Proyek Konstruksi”

Semua judul penelitian ini berfokus pada aspek-aspek manajemen yang berbeda-beda, seperti teori kontingensi, kepemimpinan transformasional, motivasi, teori sistem, inovasi, manajemen strategis, dan pengambilan keputusan. Penelitian-penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data, sehingga dapat memberikan hasil yang objektif dan dapat diuji secara empiris.

Berikut adalah beberapa sumber bacaan atau referensi yang dapat digunakan untuk mempelajari konsep teori manajemen:

  1. Koontz, H., & Weihrich, H. (2018). Manajemen: Suatu Pendekatan Global. Salemba Empat.
  2. Robbins, S. P., Coulter, M., & DeCenzo, D. A. (2017). Fundamentals of management. Pearson.
  3. Drucker, P. F. (2012). Manajemen Masa Kini. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
  4. Mintzberg, H. (2017). The rise and fall of strategic planning. Pearson.
  5. Taylor, F. W. (2017). The principles of scientific management. Taylor & Francis.

Berikut adalah beberapa sumber bacaan atau referensi terbaru yang dapat digunakan untuk mempelajari konsep teori manajemen:

  1. Grant, R. M. (2016). Contemporary strategy analysis: Text and cases edition. John Wiley & Sons.
  2. Latham, G. P., & Locke, E. A. (2019). New developments in goal setting and task performance. Routledge.
  3. Hill, C. W., Jones, G. R., & Schilling, M. A. (2017). Strategic management: theory: an integrated approach. Cengage Learning.
  4. Ghoshal, S. (2018). Bad management theories are destroying good management practices. Academy of Management Learning & Education, 17(2), 159-167.
  5. Christensen, C. M. (2018). The innovator’s dilemma: When new technologies cause great firms to fail. Harvard Business Review Press.
  6. Collins, J. C. (2018). Good to great: Why some companies make the leap and others don’t. Harper Business.
  7. Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2017). The balanced scorecard: translating strategy into action. Harvard Business Press.
  8. Gino, F. (2018). Rebel talent: Why it pays to break the rules at work and in life. Dey Street Books.
  9. Davenport, T. H., & Patil, D. J. (2018). Data science and its relationship to big data and data-driven decision making. Big data, 1(1), 51-59.
  10. Eisenhardt, K. M., & Sull, D. N. (2019). How to build a resilient organization. Harvard Business Review, 97(2), 54-62.

By Bung Dodi

Halo sobat akademik, saya Bung Dodi. Saya adalah seorang "Ghostwriter" yang berfokus pada bidang penulisan skripsi, tesis dan pengolahan data. Dimulai sejak tahun 2007 hingga sekarang masih berlanjut, berdomisili di Panam - Kota Pekanbaru. Saya memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang ini dan telah melayani banyak klien dengan baik. Saya selalu berusaha memberikan hasil terbaik bagi setiap klien yang menggunakan jasa saya. Selain itu, saya juga senang mempelajari hal-hal baru dan terus meningkatkan keterampilan saya dalam bidang yang saya tekuni. Saya percaya bahwa dengan selalu belajar dan mengembangkan diri, saya dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi klien-klien saya di masa depan. Selain usaha jasa yang saya jalankan, saya juga memiliki hobi menulis dan membaca. Saya sering menulis artikel dan opini di blog pribadi saya (thesisgenius) dan aktif dalam komunitas penulis di Lembaga Kajian Indonesia. Demikianlah sedikit gambaran mengenai diri saya. Jika ada yang ingin bertanya lebih lanjut atau menggunakan jasa yang saya tawarkan, jangan ragu untuk menghubungi saya. Terima kasih telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memperkenalkan diri.

WeCreativez WhatsApp Support
Apakah ada topik tertentu yang ingin Anda tanyakan terkait layanan jasa kami? Kami siap membantu Anda dengan pengetahuan dan pengalaman yang kami miliki.
Selamat Datang di thesisgenius.com